Ultimate magazine theme for WordPress.

6 Tips Menghilangkan Ketombe pada Bulu Kucing, Berikan Asupan Makanan Bergizi hingga Sampo Khusus

0

Kabarindong.com – Selain manusia, kucing juga bisa memiliki ketombe di balik bulu-bulu halusnya. Ketombe pada kucing umumnya adalah gejala kulit yang terlalu kering dan teriritasi. Lalu, adakah tips menghilangkan ketombe pada bulu kucing yang efektif?

Meskipun tidak memiliki efek yang serius pada kesehatan kucing, ketombe bisa membuat kucing merasa tidak nyaman. Dalam kasus yang lebih parah, anabul mungkin akan menggaruk atau menjilati kulit mereka setiap saat karena merasa terlalu gatal.

Dilansir dari laman pet basics, berikut tips menghilangkan ketombe pada bulu kucing.

Ilustrasi Makanan Kucing (pixabay/birgl)
Ilustrasi Makanan Kucing (pixabay/birgl)

Beri makanan bergizi

Baca Juga:
Tidak Ada Salahnya Merawat Kucing Kampung, Simak 5 Alasan Berikut Ini!

Saat membelikan makanan kucing, pastikan bahwa produk tersebut telah diformulasikan khusus untuk kesehatan kulit. Selain itu, pertimbangkan untuk menambah suplemen seperti minyak ikan untuk memberikan tambahan asam lemak omega-3. Untuk jumlahnya, coba konsultasikan dengan dokter hewan.

Sikat dan sisir bulu kucing secara berkala

Salah satu cara paling tepat untuk menghilangkan ketombe pada kucing adalah membawa mereka ke groom pet secara berkala dan tidak lupa menyikat bulu-bulunya dua hingga tiga kali seminggu.

Pastikan untuk menyikat dan menyisir sesuai arah pertumbuhan rambut untuk menghilangkan bulu rontok dan ketombe.

Beri sampo khusus

Baca Juga:
5 Tanda Kucing Terkena Diabetes, Jangan Abaikan Perilaku Tidak Wajar Anabul Kesayangan

Sampo hewan peliharaan telah diformulasikan khusus untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kucing. Memandikan kucing dengan shampo yang menenangkan dan melembabkan dapat membantu meredakan gatal, menghilangkan ketombe, bahkan mencegahnya kembali.

Selain itu, jangan pernah menggunakan sampo manusia untuk kucing karena justru dapat memperparah ketombe.

Ilustrasi kucing (shutterstock)

Hindari dehidrasi

Sama halnya dengan manusia, semakin banyak air yang diminum kucing, semakin sehat pula kondisi kulit mereka. Dengan begitu, ketombe di kulit kepala pun akan semakin berkurang.

Jika kucing kesayangan suka air mengalir, coba sediakan air mancur untuk mendorongnya minum lebih banyak. Selain itu, Anda juga bisa menghidrasi kucing dengan memberinya makanan basah.

Gunakan humidifier

Menjaga kelembapan udara di rumah dapat membantu mencegah kulit kucing mengering dan mengurangi kemunculan ketombe. Oleh karena itu, coba gunakan humidifier di tempat di mana kucing Anda menghabiskan waktu paling banyak

Menjaga kesehatan

Kesehatan kucing secara menyeluruh tentu juga mempengaruhi kesehatan kulitnya. Salah satu indikator kucing sehat adalah berat badannya yang ideal dengan asupan makan yang sesuai.

Itulah beberapa tips menghilangkan ketombe pada bulu kucing. Selalu sayangi dan rawat hewan peliharaan Anda dengan baik!

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

- Advertisement -

- Advertisement -

Leave A Reply

Your email address will not be published.