Ultimate magazine theme for WordPress.

Begini Panduan Memilih Berlian yang Baik dan Benar

0

Kabarindong.com – Perhiasan berlian menjadi favorit bagi banyak orang, untuk mempercantik dan melengkapi penampilan. Menggunakan berlian juga bisa meningkatkan rasa percaya diri hingga mencerminkan status sosial pemakainya. 

Meski terlihat indah dan cantik, perlu dipahami jika berlian juga terdiri dari berbagai jenis yang dengan kualitas kemurnian yang berbeda. Hal ini dijelaskan oleh General Manager Production PT Central Mega Kencana (CMK), Rendra. 

Menurut Rendra, di perusahaannya yang membawahi tiga brand perhiasan berlian terkemuka yakni Mondial, Frank & co., dan The Palace, ada empat standar utama yang bisa diperhatikan untuk menentukan kualitas suatu berlian.

“Setiap koleksi memiliki karakteristik yang unik yang dipilih oleh para ahli dan bisa dibuktikan dengan standar 4C, yakni Cut atau potongan, Color atau warna, Clarity atau kemurnian dan Carat weight atau karat,” jelas dia dalam Agenda Company Visit PT CMK dalam rangka ulang tahun Frank & co. yang berlangsung Senin (18/3/2022).

Baca Juga:
Asep Berlian Merapat ke Dewa United

Kata Rendra, 4C adalah parameter dalam menentukan kualitas berlian, yang membantu Anda memilih berlian yang sesuai.

Nah, agar tak salah pilih, berikut standar 4C yang bisa Anda perhatikan. 

1. Cut atau Potongan
Cut atau potongan menunjukkan tentang keindahan dan gemilang berlian. Dinilai berdasarkan kombinasi dari tingkat potongan, polesan dan simetri. 

Berlian dengan proporsi baik, kata dia akan memantulkan kembali cahaya yang disorotkan ke dalamnya sebagai faktor refraksi tinggi.

2. Color atau Warna
Warna membantu dalam menentukan perbedaan antar tingkat. Warna sebenarnya menjelaskan tingkat transparansi, di mana semakin jernih warna berlian, maka semakin baik pula kualitasnya.

Baca Juga:
Gasak Perhiasan Puluhan Juta, Perempuan yang Sedang Hamil Tua Ditangkap Polsek Kretek

“Aslinya, berlian ditemukan dalam beragam warna dan corak. Tapi semakin turun tingkat transparansi dalam skala, warna akan semakin terlihat,” jelasnya.

Berlian dengan kejernihan tinggi tidak memiliki sentuhan warna. Untuk melihatnya, Anda bisa membalik berlian menghadap ke bawah dan ketika berlian sudah dipasang menjadi cincin, sentuhan warna seharusnya akan sangat sulit ditemukan.

3. Clarity atau Kemurnian
Clarity atau kemurnian, menjelaskan karakteristik asli suatu berlian. Ini bisa dinilai dari sidik jari yang ditemukan pada berlian. Semakin sedikit sidik jari yang ditemukan, maka semakin tinggi pula tingkat kemurnian dan nilai berlian. 

“Ketika anda semakin turun dalam skala kemurnian berlian, semakin banyak pula inklusi dan noda yang terlihat. Namun tidak semuanya terlihat dengan kasat mata. Maka sangat penting untuk mengevaluasi berlian satu persatu,” pungkasnya 

4. Carat Weighy atau Karat
Karat seringkali disalah mengerti sebagai penentu ukuran berlian. Padahal karat sebenarnya merupakan penentu berat berlian.

Dua berlian dengan berat karat yang sama bisa memiliki ukuran fisik yang berbeda. Tergantung dari bagaimana berlian dipotong.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

- Advertisement -

Leave A Reply

Your email address will not be published.