Ultimate magazine theme for WordPress.

Beluga yang terdampar di sungai Seine Prancis menolak makan

0

- Advertisement -

Jakarta (KABARINDONG) – Paus beluga yang terdampar di sungai Seine, Prancis, jauh dari perairan Arktik yang dingin dan sesuai habitat, terlihat enggan saat ditawari makanan.

Kekhawatiran muncul karena binatang itu terlihat kurus, kata pejabat setempat, Sabtu (6/8) seperti dikutip dari Reuters pada Minggu

Beluga itu berenang perlahan di tempat yang berlokasi 80 km dari Paris. Dokter hewan akan mengevaluasi kesehatannya sebelum memutuskan bagaimana melakukan intervensi.

Tim penyelamat, yang tak tahu apakah mamalia berukuran empat meter itu tidak makan karena sakit atau tak punya energi, berusaha memberi makan dengan ikan trout.

Baca juga: Seekor paus kembali tersesat ke Sungai Seine Prancis

“Dia tidak terlalu tertarik,” kata pejabat departemen Eure Isabelle Dorliat-Pouzet kepada wartawan.

Paus itu telah terdampar jauh dari habitat aslinya, berenang 160 km ke bagian atas Seine, melewati pelabuhan Rouen dan menuju ibu kota Prancis. Tanda-tanda mulai terlihat di kulitnya, kemungkinan adalah tanda kesehatan yang menurun.

Paus beluga biasanya hidup di lautan Arktika dan sub-Arktika, meskipun mereka diketahui kadang-kadang menjelajah ke perairan yang lebih selatan dan dapat bertahan hidup sebentar di air tawar.

Pada Mei, orca sakit terpisah dari kawanannya mati di Seine setelah upaya mengarahkannya kembali ke laut gagal. Sebulan kemudian, paus lain, diyakini paus minke, juga terlihat di Seine.

Belum ada keputusan bagaimana mengembalikan beluga itu kembali ke laut. Salah satu pilihan adalah mencoba mengarahkannya ke laut. Pilihan lain adalah memindahkannya dari sungai dan mengangkutnya, meski belum jelas apakah paus itu dalam keadaan yang fit untuk menjalani langkah tersebut.

Dokter hewan akan berusaha memberikan vitamin kepada paus tersebut. Dikutip dari AFP, para penyelamat berharap vitamin itu akan meningkatkan nafsu makan paus yang menolak makan.

Pada Jumat, Gerard Mauger dari marine conversation society GECC mengatakan kepada AFP bahwa meskipun mamalia ini dikenal ramah, “perilakunya sama seperti kemarin, tampaknya sangat gelisah. Ia naik ke permukaan hanya sebentar, lalu menyelam lama.”

Berdasarkan rekaman sonar, paus itu hanya memancarkan sangat sedikit suara khas paus, meningkatkan kekhawatiran lebih lanjut tentang kesehatan hewan tersebut.

Beluga dewasa panjangnya bisa mencapai 4 meter.

Ini adalah beluga kedua yang terlihat di sungai Prancis sejak 1948, ketika seorang nelayan di muara sungai Loire menemukannya di jaringnya.

Baca juga: Kanada tingkatkan perlindungan untuk paus yang nyaris punah

Baca juga: 100 paus beluga terjebak

Baca juga: Sebagian Alaska diusulkan untuk perlindungan paus beluga

 

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © KABARINDONG 2022

- Advertisement -

Leave A Reply

Your email address will not be published.