in

Biaya hidup di Bandung lebih murah dari Jakarta? Ini penjelasannya

Jakarta (KABARINDONG) – Dijuluki sebagai “Paris van Java,” Bandung menjadi tujuan kota wisata populer di Indonesia. Terkenal dengan pesona pemandangan alamnya yang asri, Bandung juga menjadi destinasi bagi masyarakat yang mencari kehidupan yang nyaman dengan biaya lebih murah dari pada Jakarta.

Jika membandingkan Bandung dengan Jakarta, biaya hidup di Bandung relatif lebih rendah.

Untuk menjaga kondisi keuangan dalam biaya hidup, ada beberapa faktor lain harus yang diperhitungkan. Salah satu faktor utama yang mempengaruhi biaya hidup di Bandung adalah biaya tempat tinggal.

Apartemen dengan satu atau dua kamar tidur bisa disewa dengan harga Rp 3 juta hingga Rp 6 juta sebulan. Sedangkan kamar kost, biaya yang perlu disiapkan sekitar Rp 600 rupiah sampai Rp 1,5 juta, tergantung fasilitas yang diberikan.

Makanan dan kebutuhan lainnya juga cukup murah di Bandung. Makan di warung sederhana mengenakan biaya Rp 15 ribu sampai Rp 20 ribu per orang untuk makan nasi beserta lauk pauk daging.

Supermarket dan pasar tradisional menawarkan bahan makanan dengan harga murah bagi yang lebih suka memasak di rumah. Tentunya lebih hemat.

Biaya hidup seperti transportasi juga termasuk kebutuhan penting. Ada beberapa cara untuk berkeliling Bandung, termasuk naik bus, angkutan umum, dan layanan transportasi online.

Biaya transportasi umum relatif rendah, dengan biaya bus kota antara Rp2 ribu sampai Rp10 ribu dan tarif angkutan umum sekitar Rp5.000 per perjalanan.

Biaya menggunakan transportasi online berbeda-beda sesuai jarak yang ditempuh, namun secara keseluruhan masih lebih murah dibandingkan di Jakarta.

Selain itu, biaya hiburan dan rekreasi di Bandung juga terbilang murah.

Penduduk lokal maupun pendatang dari luar Bandung, dapat bersenang-senang di Bandung tanpa mengeluarkan banyak uang karena banyaknya tempat wisata alam, taman hiburan, cafe, dan pilihan tempat makan yang khas di kota ini.

Rata-rata tiket masuk tempat wisata yang terkenal seperti Kawah Putih menawarkan harga antara Rp30 ribu hingga Rp150 ribu.

Rata-rata banyak yang menganggap bahwa biaya hidup di Bandung cukup masuk akal untuk dikatakan murah.

Tinggal di Bandung dapat menawarkan biaya hidup yang sangat terjangkau tanpa mengeluarkan banyak uang jika Anda mengelola kebutuhan dan keuangan dengan hemat.

Baca juga: Ingin tinggal di Bali? Simak biaya hidupnya

Baca juga: Berapa biaya hidup di Jakarta?

Baca juga: Daftar kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia

 

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © KABARINDONG 2024

What do you think?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Ingin tinggal di Bali? Simak biaya hidupnya

Syarat dokumen untuk membuat paspor baru