in

Daftar 15 gunung api yang populer di Indonesia

Jakarta (KABARINDONG) – Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan jumlah gunung api aktif terbanyak di dunia, sebanyak 127 atau 13 persen dari jumlah gunung api di dunia.

Beberapa daerah bahkan memiliki lebih dari satu gunung api aktif. Sejarah mencatat berbagai peristiwa letusan gunung api besar yang telah terjadi di Indonesia.

Dari Gunung Merapi yang berasal dari Jawa Tengah hingga Gunung Krakatau yang mencatat letusan yang sangat dahsyat pada tahun 1883, setiap gunung api mengisahkan kekuatan alam yang mengagumkan dan terkadang mematikan.

Berikut daftar gunung berapi dengan nama populer di Indonesia:

1. Gunung Merapi

Terletak di Jawa Tengah dan Yogyakarta, Gunung Merapi adalah salah satu gunung berapi paling aktif di dunia dengan sejarah letusan yang sering dan berdampak besar.

2. Gunung Krakatau

Terletak di Selat Sunda, Gunung Krakatau dikenal karena letusan nya yang eksplosif pada tahun 1883 yang menghasilkan salah satu letusan paling dahsyat dalam sejarah.

3. Gunung Bromo

Terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur, Gunung Bromo terkenal dengan kawah nya yang aktif dan pemandangan panorama yang menakjubkan.Gunung Bromo telah tiga kali meletus, yakni pada tahun 1995, 2000, dan 2004.

4. Gunung Semeru

Juga dikenal sebagai Mahameru, Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa dan terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung ini memiliki aktivitas letusan periodik.

5. Gunung Rinjani

Terletak di Pulau Lombok, Gunung Rinjani adalah gunung berapi yang aktif dengan kawah besar dan danau kawah yang terkenal. Gunung ini terakhir meletus pada tahun 2015

6. Gunung Kelud

Terletak di Jawa Timur, Gunung Kelud telah mengalami letusan besar yang merusak pada masa lalu dan tetap aktif dengan sejarah letusan yang panjang. Gunung ini terakhir meletus pada tahun 2014

7. Gunung Agung

Terletak di Bali, Gunung Agung adalah gunung berapi tertinggi di pulau ini dan pernah mengalami letusan besar pada tahun 1963, dan pertama kalinya pada tahun 1808

8. Gunung Sinabung

Terletak di Sumatera Utara, Gunung Sinabung adalah gunung berapi yang aktif kembali meletus pada tahun 2010 setelah periode istirahat yang panjang

9. Gunung Kerinci

Terletak di Sumatera Barat, Gunung Kerinci adalah gunung berapi tertinggi di Indonesia dan terus aktif dengan beberapa letusan kecil yang tercatat.

10. Gunung Tambora

Terletak di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Gunung Tambora terkenal karena letusannya pada tahun 1815 yang menyebabkan tahun tanpa musim panas global.

11. Gunung Ambang

Gunung Ambang terletak di Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara. Gunung ini memiliki ketinggian 1.795 meter di atas permukaan laut. Menurut catatan sejarah, peristiwa letusan terakhir terjadi sekitar tahun 1850-an.

12. Gunung Salak

Gunung Salak terletak di Sukabumi, Bogor, Jawa Barat. Gunung ini mempunyai ketinggian 2.211 meter di atas permukaan laut. Sejak tahun 1600-an tercatat terjadi beberapa kali erupsi atau letusan Gunung Salak.

13. Gunung Dieng

Gunung Dieng terletak di Banjarnegara, Wonosobo, Batang, Jawa Tengah. Gunung ini mempunyai ketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut. Tercatat jika terakhir Gunung Dieng meletus pada tahun 2011, tepatnya di kawah Timbang di Kabupaten Banjarnegara.

14. Gunung Tangkuban

Parahu Gunung Tangkuban Parahu terletak di Subang, Bandung, Jawa Barat. Gunung ini mempunyai ketinggian 2.084 meter di atas permukaan laut. Gunung Tangkuban Perahu mengalami erupsi terakhir pada 2019.

15. Gunung Gede

Gunung Gede terletak di Cianjur, Bogor, Sukabumi, Jawa Barat. Gunung ini mempunyai ketinggian 2.958 meter di atas permukaan laut. Gunung Gede diketahui mengalami erupsi sebanyak 27 kali, dari tahun 1747 hingga letusan terakhir 1957.

 

Baca juga: Kenali gunung berapi dan penyebab letusan

Baca juga: Gunung Etna di Italia meletus keluarkan asap dan abu

Baca juga: PVMBG: Aktivitas gunung Lewotobi Laki-laki masih tinggi

 

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © KABARINDONG 2024

What do you think?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Syarat dokumen untuk membuat paspor baru

Mengenal gunung api purba yang menjadi destinasi wisata dan penelitian