in

Ini dia tren liburan a la gen Z, mulai dari pakaian sampai tema

Jakarta (KABARINDONG) – Wisatawan dari kalangan gen Z global makin cermat dalam merencanakan perjalanan yang disesuaikan berdasarkan minat dari rombongan mereka, pilihan destinasi, opsi hotel, akomodasi, hingga transportasi, ungkap pimpinan Samsonite Indonesia Nadya Pertiwi.

Nadya, melalui keterangan tertulis, Senin (31/7), juga mengungkapkan bahwa dresscode atau aturan berbusana saat liburan dan pilihan koper ideal untuk bertamasya pun didikte oleh gen Z. Kemudian, berbicara tema liburan, maka food-menities, cowboy-cations dan tur lokasi syuting K-drama populer menjadi favorit di kalangan gen Z.

“Sungguh berbeda dari masa pra-pandemi, turis gen-Z yang gemar mendapatkan informasi dari TikTok memiliki andil penting dalam memetakan tren wisata domestik dan global untuk beberapa tahun ke depan,” jelas Nadya.

Baca juga: Wisatawan menggunakan helikopter liburan ke Gili Trawangan
Jika dahulu Instagram penuh dengan tanda pagar atau tagar Outfit Of The Day (OOTD), maka TikTok juga memiliki tagar serupa yaitu Get Ready With Me (GRWM) yang menunjukkan kreator konten visual memadupadankan pakaian pada pagi hari sebelum beraktivitas di depan kamera TikTok selayaknya kaca di kamar.

Tren GRWM juga merambah kreator konten perjalanan yang menekankan pentingnya memperhatikan musim, medan, cuaca, dan rangkaian acara dalam menentukan pakaian yang hendak dibawa. Selain itu, GRWM menyentuh pentingnya memilih koper atau luggage yang tidak hanya terjangkau, tapi, berbahan kualitas terbaik sehingga tahan banting bertahun-tahun.

Tren-tren itu terbentuk karena berbagai faktor, antara lain status pandemi yang berubah menjadi endemi, serta perbatasan negara-negara dibuka kembali untuk kembali menyambut wisatawan dan pengunjung sehingga mendorong travel revenge (perjalanan balas dendam) dari para turis.

Seiring generasi milenial dan gen Z yang masih mendominasi dalam fenomena perjalanan liburan, merek produk gaya hidup untuk gen Z American Tourister meluncurkan program kampanye “Find Fun Everywhere” untuk menyambut permintaan perjalanan yang kian memuncak, dengan menggelar program pemasaran berintegrasi dengan benang merah inspirasi energi muda-mudi.

“Ajang ini akan menjadi simbol selebrasi travel and tourism yang penuh energi. Pastikan salah satu checklist liburan seru yaitu koper, sudah aman di tangan sebelum berburu tiket, hotel dan akomodasi, serta menyusun rencana perjalanan yang seru bersama sahabat dan keluarga,” ujar Nadya.

Head of Marketing and Brand Strategy Samsonite SEA Hazlina Dayangku menuturkan mereka memanfaatkan media digital untuk menjangkau pasar mereka, dengan fokus pokok pada media sosial seperti Instagram, Facebook, dan TikTok.

Baca juga: Isi liburan sekolah dengan berwisata ke surga domestik

Baca juga: Samsonite gandeng New Balance luncurkan produk baru

Baca juga: BPOLBF ingatkan wisatawan cari referensi resmi sebelum ke Labuan Bajo

 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Natisha Andarningtyas
COPYRIGHT © KABARINDONG 2023

What do you think?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Mengenal ikan sidat, sumber protein yang lebih baik dari salmon

Menparekraf nilai program IDLP dorong destinasi pariwisata berkarakter