Ultimate magazine theme for WordPress.

Menko PMK apresiasi penjualan tiket melalui aplikasi Ferizy ASDP

0

Merak (KABARINDONG) – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy memberikan apresiasi terhadap penerapan penjualan tiket secara digital melalui aplikasi Ferizy yang dikelola PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

E-ticketing luar biasa. Mayoritas masyarakat yang akan melakukan penyeberangan sudah menggunakan e-ticketing,” kata Muhadjir di sela peninjauan Angkutan Lebaran di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu.

Menko Muhadjir menyampaikan, sistem penjualan tiket berbasis aplikasi Ferizy menjadi salah satu aspek yang mendukung kelancaran proses penyeberangan di Pelabuhan Merak di Pulau Jawa menuju Bakauheni di Sumatera.

Baca juga: ASDP operasikan 44 kapal layani pemudik Merak – Bakauheni

Menurut dia, kedisiplinan masyarakat terhadap ketentuan perjalanan semakin tinggi seiring dengan transformasi digital yang dilakukan ASDP.

Selain itu, aspek lainnya yang berperan dalam membantu kelancaran angkutan penyeberangan adalah pemisahan penumpang dan kendaraan roda dua yang berada di Pelabuhan Ciwandan. Sedangkan kendaraan roda empat dan bus berada di Pelabuhan Merak.

“Saya minta masyarakat betul-betul memerhatikan, jangan datang ke pelabuhan tanpa membawa tiket,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT ASDP Ira Puspadewi menyampaikan bahwa tidak ada lagi penjualan tiket secara offline di pelabuhan (go show).

Ia juga mengimbau pengguna jasa agar mengatur waktu di hari H keberangkatan agar tidak terlambat dengan melakukan check in dua jam sebelumnya.

“Penjualan tiket melalui aplikasi untuk tahun ini sudah 100 persen,” katanya.

Ia mengapresiasi pengguna jasa yang melakukan perjalanan mudik lebih awal, dan telah bertiket ketika tiba di pelabuhan.

ASDP juga memohon kerja sama pengguna jasa untuk tetap mengikuti aturan agar menyeberang sesuai dengan tanggal dan waktu yang tertera di tiket.

Tiket akan hangus atau tidak berlaku jika melewati waktu jadwal masuk pelabuhan. Apabila tiba di pelabuhan belum bertiket, maka kendaraan akan diputar balik keluar pelabuhan.

Demi kenyamanan, para pemudik dimohon agar tidak membeli tiket di calo. Selain online, pemudik dapat membeli tiket di gerai ritel.

Adapun pembayaran tiketnya dapat dilakukan melalui cara transfer antarbank, e-wallet, gerai ritel, internet banking, dan lainnya.

Baca juga: Menko PMK: Bawa pengemudi cadangan cegah kecelakaan meningkat

Baca juga: Menko PMK: Pemudik jangan paksakan diri jika kelelahan berkendara

Baca juga: Menko PMK cek Kesiapan mudik Lebaran 2023 di Stasiun Madiun

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © KABARINDONG 2023

- Advertisement -

Leave A Reply

Your email address will not be published.