in

Pentingnya kesadaran lingkungan untuk menjaga kelestarian laut

Jakarta (KABARINDONG) – Psikolog Klinis Forensik Dra. A. Kasandra Putranto menekankan pentingnya peran orang tua untuk menanamkan kesadaran lingkungan dan pendidikan kepada anak-anak untuk menjaga kelestarian ekosistem laut.

“Pendidikan tentang pentingnya menjaga kelestarian laut dan ekosistemnya sangat penting. Mencakup pengetahuan tentang bagaimana laut berkontribusi terhadap kehidupan, bagaimana aktivitas manusia mempengaruhi laut, dan apa yang dapat dilakukan untuk melindunginya,” kata Kasandra kepada KABARINDONG di Jakarta, Sabtu.

Kasandra mengatakan, peringatan World Ocean Day (Hari Laut Sedunia) yang jatuh pada Sabtu, 8 Juni 2024 dapat digunakan sebagai momentum untuk mendidik anak-anak agar memiliki rasa tanggung jawab menjaga kelestarian laut.

Baca juga: Sejarah Hari Laut Sedunia, momentum mengenang kehidupan di laut

Menurut dia, pendidikan merupakan kunci utama untuk menciptakan kesadaran akan pentingnya melestarikan lingkungan laut.

Masyarakat perlu diberikan informasi tentang dampak negatif aktivitas manusia seperti pencemaran plastik, penangkapan ikan berlebihan, dan perubahan iklim terhadap ekosistem laut.

Alumni Universitas Indonesia (UI) itu mengatakan, menghargai hewan laut dan habitatnya adalah bagian penting dari menjaga kelestarian laut, dengan cara membiarkan hewan laut tetap berada di ekosistemnya dan hanya mengonsumsi hewan laut dari hasil tangkapan nelayan.

Baca juga: KKP tegaskan miliki sejumlah program untuk dukung kelestarian laut

Selain itu, keluarga serta masyarakat memiliki peran yang signifikan untuk mendorong pola hidup ramah lingkungan misalnya dengan mengajari anak untuk tidak membuang sampah sembarangan terutama di area pantai, menggunakan produk ramah lingkungan, dan mengurangi penggunaan plastik.

Kemudian, partisipasi dalam kegiatan konservasi laut seperti penanaman mangrove, pelepasan tukik penyu, atau kegiatan lain yang berkaitan dengan pelestarian laut, kegiatan advokasi dan kampanye pelestarian laut, baik secara lokal maupun secara luas.

Baca juga: Kemenhub gelar aksi bersih pantai peringati Hari Pelaut Sedunia

Masyarakat juga dapat berperan dalam mendukung kebijakan pelestarian laut, seperti zona laut yang dilindungi, larangan penangkapan ikan tertentu, atau kebijakan lain yang bertujuan untuk melestarikan laut.

“Menumbuhkan rasa cinta lingkungan kepada anak-anak sejak dini dapat membantu mereka menjadi penjaga lingkungan yang bertanggung jawab di masa depan. Partisipasi mendukung kebijakan pelestarian laut juga bisa melalui media sosial, seminar, atau kegiatan lainnya,” katanya.

Baca juga: Kemenhub kampanyekan keselamatan pelayaran di Pelabuhan Padangbai Bali

Baca juga: PSDKP ajak masyarakat berkontribusi menjaga laut

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © KABARINDONG 2024

What do you think?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Resep sajian daging kambing muda untuk Idul Adha

Tips menyimpan daging kurban dengan tepat