in

Pesona keindahan alam lima gunung berapi tertinggi di Indonesia

Jakarta (KABARINDONG) – Bentang alam Indonesia yang luas dari Sabang hingga Merauke tak hanya dihiasi keindahan garis pantai dan laut, tetapi juga banyak gunung berapi yang tidak kalah mempesona.

Bagi para pehobi mendaki, gunung berapi jelas menjadi pilihan menarik, bukan hanya dari ketinggian puncaknya, tetapi juga pesona alam yang indah.

Untuk Anda yang sering mendaki pasti tidak akan melewatkan ragam keindahan dari gunung berapi tertinggi di Indonesia. Ayo telusuri 5 gunung berapi tertinggi di Indonesia berikut yang telah dihimpun dari berbagai sumber:

1. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci dinobatkan sebagai gunung berapi tertinggi yang masih aktif di Indonesia dengan ketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Gunung ini terletak di perbatasan Kabupaten Kerinci, Jambi dan Kabupaten Solok, Sumatera Barat dekat Pegunungan Bukit Barisan.

Pesona alam luar biasa indahnya memberikan daya tarik Gunung Kerinci ini.

Meskipun memiliki perjalanan pendakian dengan tikungan curam dan tanjakan menantang, tapi setiap perjalanannya terdapat sensasi luar biasa dengan disuguhi dari flora dan fauna yang jarang kita jumpai ditempat lain.

2. Gunung Rinjani

Pesona Gunung Rinjani menjadikannya favorit bagi para pecinta alam karena memiliki rintangan yang ekstrem dengan menawarkan keindahan luar biasa.

Gunung ini menjadi gunung berapi tertinggi kedua di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan puncak mencapai 3.726 mdpl.

Ketika mencapai puncak yang dikenal sebagai Segara Anak, pendaki akan menemui kawah raksasa dengan dikelilingi danau berwarna biru.

3. Gunung Semeru

Puncak Gunung Semeru biasa dikenal dengan Mahameru berada di ketinggian 3.676 mdpl.

Tanah tertinggi Pulau Jawa ini berada di Jawa Timur, di antara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang.

Selepas pendakian yang menantang, para pendaki akan mendapati keindahan pesona alam yang indah termasuk menikmati momen sunset khas Mahameru.

4. Gunung Slamet

Bagi para pendaki, Gunung Slamet ini dikenal dengan memiliki jalur pendakian tersulit.

Pasalnya nyaris tidak ditemukan sumber mata air di setiap rute yang dilewati pendaki.

Meskipun seperti itu daya tarik gunung dengan puncak ketinggian mencapai 3.428 mdpl ini menjanjikan banyak pemandangan hijau sebagai daya tarik utama.

​​​​​​​5. Gunung Sumbing

Gunung berapi tertinggi kelima di Indonesia ini berada di Jawa Tengah dengan ketinggian 3.371 mdpl.

Gunung Sumbing yang menjulang indah dan megah kerap disebut sebagai gunung kembar dengan Gunung Sindoro karena lokasinya yang cukup berdekatan.

Dengan mendaki gunung ini Anda bisa mengeksplorasi banyak keindahan alam yang terbentang luas di sekitarnya mulai dari lembah-lembah hijau dan puncak bebatuan yang tidak kalah menakjubkan.

Baca juga: Daftar 15 gunung api yang populer di Indonesia

Baca juga: Mengenal gunung api purba yang menjadi destinasi wisata dan penelitian

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © KABARINDONG 2024

What do you think?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Biaya membuat paspor – ANTARA News

Samsung Galaxy Z Fold6 dan Flip6 tawarkan peningkatan kemampuan AI