Ultimate magazine theme for WordPress.

Tips dan trik jitu melancong bersama anak

0

- Advertisement -

Jakarta (KABARINDONG) – Momentum libur sekolah sering kali dimanfaatkan para orang tua untuk mengajak anak-anak bepergian.

Melancong dapat membuat hubungan antar anak dan orangtua menjadi lebih harmonis dan dekat. Selain untuk mempererat hubungan, bepergian bareng anak juga dapat dimanfaatkan sebagai waktu beristirahat dari padatnya pekerjaan.

Baca juga: Tips melancong dengan anak-anak

Meski demikian, tak bisa dipungkiri, sebagian orang tua kerap merasa malas dan repot jika ingin mengajak anak-anak bepergian. Hal ini terjadi biasanya karena orangtua khawatir anak rewel dan tidak betah saat di perjalanan.

Sebagai salah satu solusi untuk mengatasi kekhawatiran Anda, coba praktikkan tips dan trik traveling seru bareng anak-anak dari siaran resmi Pegipegi dan @ayahkehotelyuk, Senin.

Persiapkan kebutuhan buah hati

Sebelum pergi melancong, Anda harus mempersiapkan beberapa kebutuhan anak secara lengkap meliputi baju, susu, camilan, alat makan anak, popok, obat-obatan, dan lainnya. Perlu diketahui, obat-obatan anak merupakan hal yang paling wajib untuk dibawa ketika bepergian. Jangan lupa membawa mainan kesukaan anak supaya mereka tidak bosan selama di perjalanan.

Baca juga: Delapan aktivitas untuk liburan bersama anak di Singapura

Cari tujuan wisata ramah anak

Sebelum menentukan destinasi wisata, sebaiknya Anda berdiskusi dengan anak agar destinasi wisata yang ingin dikunjungi sesuai juga dengan yang mereka inginkan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko anak rewel hingga ribut minta pulang. Cari destinasi wisata yang menarik dan ramah untuk anak, misalnya kebun binatang. Biasanya orangtua suka berada di destinasi yang layak instagram untuk berfoto-foto, tapi tidak demikian dengan anak-anak. Anak-anak akan merasa bosan ketika hanya datang ke destinasi wisata untuk berfoto karena mereka lebih suka bermain.

Pilih penginapan ramah anak

Selain tempat wisata, Anda juga harus mencari hotel yang ramah anak agar mereka betah untuk tinggal di hotel tersebut. Salah satu caranya, cari fasilitas hotel yang menawarkan kolam renang dan playground. Anak-anak akan merasa bahagia dan tidak rewel ketika mereka melakukan aktivitas yang seru seperti berenang. Tak lupa juga, cari hotel yang dekat dengan tempat wisata yang ingin dikunjungi agar aksesnya lebih mudah dijangkau.

Baca juga: Kidzania gandeng BRI buka “Bank of Kidzania”

Pilih tempat makan sesuai kebutuhan anak

Sebelum makan di restoran, ada baiknya Anda mencari tahu menu yang ditawarkan restoran tersebut. Zaman sekarang, Anda dapat melihat menu di restoran tertentu melalui aplikasi daring ataupun mengunjungi Instagram resmi restoran. Lihat apakah menu yang dimiliki restoran tersebut sesuai dengan minat dari anak Anda. Anak-anak kerap pemilih dalam hal makanan, maka dari itu Anda harus pintar memilih restoran. Anda juga dapat mengajak anak untuk ikut memilih menu dan restoran yang diinginkan.

Perhatikan protokol kesehatan

Walaupun sudah ada pelonggaran COVID-19, bukan berarti Anda bebas membawa anak ke mana pun. Anda tetap harus memperhatikan protokol kesehatan mulai dari memakai masker hingga membawa hand sanitizer, tisu basah, dan tisu kering. Selain itu, Anda juga dapat menghindari tempat wisata yang penuh akan pengunjung. Hal ini karena anak-anak memiliki daya tahan tubuh yang lebih rendah dibandingkan orang dewasa.

Baca juga: Susun rencana liburan bersama anak agar wisata lebih menyenangkan

Baca juga: Ingin liburan, anak muda Prancis bergegas divaksin

Baca juga: Hari ini Ancol buka lagi, anak bawah 5 tahun dan lansia dilarang masuk

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © KABARINDONG 2022

- Advertisement -

Leave A Reply

Your email address will not be published.