Kenalkan Budaya Indonesia, KJRI San Francisco Gelar Indonesian Night 2022

webadmin

0 Comment

Link

Kabarindong.com – Mengenalkan budaya Indonesia di luar negeri bisa dilakukan lewat pendekatan budaya. Inilah yang dilakukan oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI) di San Francisco, Amerika Serikat.

Konsul Jenderal Prasetyo Hadi dalam acara “Indonesian Night 2022: The Origins” yang diselenggarakan Persatuan Mahasiswa Indonesia (Permias) di Oregon State University, Corvallis, Oregon, AS mendorong pertunjukan seni untuk memperkenalkan budaya Indonesia. Cara, melalui pertunjukan drama sejarah Danau Toba dan Danau Sentani.

“Berbagai kreativitas yang menampilkan kegiatan seni Indonesia di luar negeri perlu terus didorong untuk semakin mempromosikan budaya Indonesia di luar negeri,” kata Prasetyo, mengutip ANTARA.

Promosi budaya dan kuliner Indonesia, kata dia, merupakan bagian dari diplomasi budaya yang saat ini tengah ditingkatkan oleh pemerintah Indonesia.

Baca Juga:
Rocket Chicken Rilis Film ‘Atik’ Pada Ulang Tahun Ke-12, Kisahkan Perjalanan Hidup dari Cleaning Service hingga Jadi CEO

Ia mengatakan peran masyarakat dan diaspora Indonesia di luar negeri, termasuk friends of Indonesia dan Indonesianis, juga sangat penting bagi diplomasi publik yang pada gilirannya diharapkan bermanfaat secara ekonomi bagi Indonesia.

Pada acara yang digelar dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat itu, berbagai makanan atau kuliner Indonesia juga disajikan sebagai upaya diplomasi kuliner atau yang dikenal dengan gastrodiplomacy.

“Diharapkan, hal ini dapat menjadi peluang untuk meningkatkan pemasaran dan penjualan produk pangan olahan dan rempah Indonesia di luar negeri”, ujar Konjen.

Lebih lanjut, ia mengatakan gastrodiplomacy merupakan bagian dari upaya diplomasi untuk meningkatkan nation branding Indonesia, khususnya di bidang kuliner dan kekayaan rempah-rempah.

Selain menjelaskan upaya promosi budaya di negara bagian itu, Prasetyo juga menekankan perlunya upaya untuk menjaga persatuan, terutama kepada masyarakat dan diaspora Indonesia di luar negeri.

Baca Juga:
Upaya untuk Melestarikan Budaya, Pemerintah akan Perhatikan Seni Wayang di Tengah Pandemi

“Mari kita jaga spirit persatuan kebhinekaan Indonesia dengan toleransi, solidaritas, dan persaudaraan yang telah menopang persatuan Indonesia selama ini,” kata dia.

Share:

Related Post

Leave a Comment