Langganan Macet di Puncak Saat Long Weekend, Menparekraf Berencana Bangun Cable Car

webadmin

0 Comment

Link

Kabarindong.com – Belajar dari viralnya macet abadi di Puncak, Bogor, terutama saat long weekend, membuat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno berencana membuat cable car sebagai transportasi menuju puncak.

Seperti diketahui, kemacetan arus lalu lintas di jalur Puncak Bogor pada libur panjang long weekend pada 26-28 Februari 2022 sempat viral lantaran kemacetan berlangsung hingga 12 jam sebelum akhirnya bisa terurai.

“Jadi kereta gantung itu salah satu opsi, ini sudah dikembangkan, bagaimana cable car bukan hanya ramah lingkungan, tapi memiliki sensasi yang berbeda,” ujar Sandiaga dalam konferensi pers, Selasa (1/3/2022).

Sandiaga mengatakan, ia terinspirasi dari beberapa destinasi pegunungan di luar negeri yang juga menggunakan fasilitas cable car.

Baca Juga:
Soal Macet ‘Horor’ di Puncak Bogor saat Long Weekend, Satgas Covid-19 Tak Melarang Masyarakat Beraktivitas, Asal…

Ia lantas menilai, cara yang sama bisa diaplikasikan di jalur Puncak-Bogor untuk mengurai kemacetan, yang dianggap sebagai solusi permanen.

Apalagi kemacetan di jalur Puncak-Bogor setiap long weekend seolah sudah menjadi cerita lama yang tak kunjung ditemui solusi efektifnya.

Sandiaga sendiri amat menyadari bahwa kawasan Puncak-Bogor memang memiliki udara yang segar, ditambah posisinya yang sangat mudah dijangkau dan dekat dengan Jakarta, sehingga kerap jadi destinasi wisata favorit warga Jabodetabek.

“Jika ada libur panjang selalu ke Puncak. Nah, Puncak Bogor ini, jadi favorit karena udara segar dan biayanya terjangkau, namun jalannya ini sangat sempit,” ungkap Sandiaga.

Tidak hanya permasalahan jalan, tapi juga perilaku wisatawan dan kondisi kendaraan yang dibawa wisatawan juga memperparah kemacetan di jalur Puncak Bogor.

Baca Juga:
Pulang Liburan Long Weekend? Jangan Lupa Tes Covid-19 dan Isoman Ya!

Salah satunya perilaku wisatawan yang ingin saling serobot atau mendahului dan tidak sabar memperparah kemacetan, ditambah banyaknya pengendara yang melanggar rekayasa buka tutup yang kerap diterapkan petugas lalu lintas.

“Untuk wisatawan, imbauan saya, sebelum berlibur persiapkan kendaraan dulu jangan sampai mogok, fungsinya tidak bisa dengan kemacetan terjadi mogok dan ini memperparah arus,” tutup Sandiaga.

Share:

Related Post

Leave a Comment