Sering Dianggap Sama, Ini Beda Santa Klaus dan Sinterklas

webadmin

0 Comment

Link

Kabarindong.com – Ketika berbicara mengenai perayaan Natal, pasti tidak asing dengan sosok pria gendut berjenggot dengan baju merah. Sosok satu ini biasa dikenal dengan nama Santa Klaus atau Sinterklas.

Berdasarkan dongeng, sosok ini nantinya akan membagikan hadiah kepada anak-anak di hari Natal. Ia membagikan hadiah keliling dunia dengan kereta rusa terbang ajaib miliknya. Legenda kakek berjanggut yang membagikan hadiah pada malam Natal ini, sudah diketahui banyak masyarakat.

Namun, tahukah kamu kalau Santa Klaus dan Sinterklas merupakan tokoh yang berbeda? Rupanya, Santa Klaus dan Sinterklas memiliki berbagai perbedaan. Melansir laman I am Amsterdam, berikut beberapa perbedaan Santa Klaus dan Sinterklas.

1. Hari Perayaan

Baca Juga:
Tanya Info Tempat Jalan Buat Jomblo ke Ridwan Kamil, Netizen Ini Malah Dapat Jawaban Mengejutkan

Pejalan kaki mengambil gambar saat para pendayung berpakaian Sinterklas menghadiri parade SUP (Stand Up Paddleboarding) di sungai Ill di Strasbourg, Prancis, Sabtu (3/12/2022). [SEBASTIEN BOZON/AFP]
Pejalan kaki mengambil gambar saat para pendayung berpakaian Sinterklas menghadiri parade SUP (Stand Up Paddleboarding) di sungai Ill di Strasbourg, Prancis, Sabtu (3/12/2022). [SEBASTIEN BOZON/AFP]

osok Santa Klaus disebutkan akan membagikan hadiah tepat pada malam Natal yakni setiap 24 Desember. Biasanya, ia akan masuk melalui cerobong asap, menyelinap, serta meninggalkan hadiah di dekat pohon Natal.

Sementara Sinterklas akan membagikan hadiah pada 5 Desember. Ia akan menghabiskan beberapa minggu berparade keliling dan menggoda anak-anak dengan memberikan permen.ย 

2. Asal cerita

Santa Klaus lebih dikenal dengan sebutan Bapak Natal. Sosok Santa Klaus mulai dikenal saat penjajahan Belanda di Amerika.

Sementara Sinterklas merupakan sebuah pria yang dianggap sebagai inkarnasi Santo Nikolas, yaitu santo pelindung anak-anak sejak abad pertengahan.

Baca Juga:
Personel Banser Ikut Jaga Ibadah Natal Di Gereja Katedral Jakarta, Siap Jaga Dari Pagi Sampai Jam 12 Malam

3. Penampilanย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย 

Pakaian Santa Klaus disebut lebih santai dan nyaman dibandingkan Sinterklas. Meskipun mirip, tetapi pakaian yang dipakai lebih dibuat untuk kenyamanannya. Ia juga dikenal sebagai pengguna sepatu bot serta karungnya yang menonjol.

Sosok Sinterklas dikatakan memakai pakaian musim dingin berwarna merah dengan topi uskup dihiasi dengan salib. Ia juga membawa tongkat uskup emas yang sering dibawa para pejabat tinggi gereja.

4. Kendaraan

Sesuai dongeng, Santa Klaus dikenal dengan kereta luncur khasnya yang ditarik oleh sembilan rusa terbang ajaib.

Sementara itu, sosok Sinterklas dikenal menggunakan perahu dari Spanyol. Setelah itu, ia akan menunggangi kuda putih abu-abu bernama Amerigo.

5. Kehidupan rumah

Santa Klaus memiliki bengkel dan tempat tinggal di Kutub Utara. Banyak negara di kutub mengaku kalau Santa Klaus berasal dari wilayah mereka.

Sedangkan Sinterklas adalah seorang bujangan. Sosok Sinterklas disebutkan menghabiskan waktu di Spanyol.

6. Perbedaan kisah

Santa Klaus diceritakan sebagai sosok yang lembut. Ia suka memberi hadiah di bawah pohon Natal. Santa Klaus tidak menyukai penggunaan bahan bakar fosil dan batu bara yang semakin sedikit

Sinterklas menjadi sosok akan melihat siapa yang berperilaku baik dan buruk. Dikatakan, ia akan menulis daftar anak-anak yang baik dan memberikannya hadiah atau dikenal dengan nama Naughty List. Selain itu, diceritakan untuk anak-anak yang berperilaku buruk akan diculik ke dalam karung dan menghilang ke Spanyol.

7. Makanan

Santa Klaus akan memberikan berbagai macam makanan seperti kue, susu, dan pai. Sementara Sinterklas identik dengan permen walaupun ia tidak memakannya. Dikatakan, ia akan memberikan satu ton permen kepada anak-anak.ย 

Share:

Related Post

Leave a Comment