Lawan Diabetes! Begini 7 Cara Mengendalikan Kadar Gula Darah

webadmin

0 Comment

Link

Kabarindong.com – Memiliki kadar gula darah stabil tentu menjadi kondisi ideal yang didambakan semua orang. Ini karena kadar gula darah yang tinggi dapat memicu kondisi diabetes. Namun, tahukah Anda cara mengendalikan kadar gula darah agar tetap normal?

Dilansir dari Hellosehat, berikut sederet tips dan cara mengendalikan kadar gula darah agar tetap pada range normal dan sehat.

1. Konsumsi Makanan yang Tepat

Untuk Anda yang ingin mengendalikan gula darah, maka pemilihan makanan yang tepat harus dilakukan. Disiplin pada pemilihan makanan ini dapat membantu kontrol gula darah agar tidak naik

Baca Juga:
Berkaca dari Suti Karno, Begini Cara Agar Kaki Tak Sampai Diamputasi Saat Derita Diabetes

ilustrasi tips mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabetes (Pexels.com/Nataliya Vaitkevich)
ilustrasi tips mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabetes (Pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Hindari makanan dengan indeks glikemik tinggi, makanan tinggi lemak, makan tinggi kalori, dan jauhi fast food dan minuman olahan.

Selain itu, terapkan pola makan teratur dengan gizi yang seimbang. Selalu perhatikan jenis makanan dan kandungan yang ada di dalamnya agar gula darah tidak meningkat drastis.

2. Porsi Makan

Tidak hanya pemilihan makanan dan nutrisi yang dikonsumsi, porsi makan juga harus diperhatikan. Akan lebih baik makan dalam porsi kecil namun lebih sering, alih-alih makan dalam porsi yang besar.

Sebisa mungkin hindari makan di restoran all-you-can-eat karena ini dapat memicu porsi makan yang terlalu besar.

Baca Juga:
Belajar dari Suti Karno, Dulu Tak Mau Minum Air Putih Hingga Membuatnya Harus Amputasi Kaki

Makan pelan-pelan sehingga makanan dapat dicerna dengan baik. Penyerapan nutrisi yang perlahan ini bisa membantu tubuh memprosesnya dengan sempurna.

3. Olahraga Teratur

Jelas olahraga teratur harus masuk dalam pola hidup Anda. Olahraga dapat membantu sel di otot mengambil lebih banyak glukosa, dan mengubahnya menjadi energi. Saat dilakukan secara rutin, olahraga dapat menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh.

Untuk kadar ideal, minimal Anda harus melakukan setidaknya 150 menit dalam seminggu atau sekitar 20 hingga 30 menit setiap hari.

4. Mengelola Stres

Selanjutnya adalah mengelola kadar stres. Stres yang tinggi dapat meningkatkan kadar gula darah, yakni akibat pelepasan hormon kortisol di dalam tubuh.

Di samping itu, hormon ini juga dapat memicu dorongan untuk terus makan makanan manis. Efek berantai yang sangat buruk untuk kondisi gula darah, kan?

ilustrasi olahraga (pexel.com/mirriam-alonso)
ilustrasi olahraga (pexel.com/mirriam-alonso)

5. Istirahat yang Cukup

Memiliki jam istirahat yang cukup akan membuat tubuh dapat mengontrol gula darah di range normal. Kurang tidur dalam jangka panjang akan berpengaruh pada sekresi insulin yang erat kaitannya dengan kontrol kadar gula. Setidaknya seorang manusia dewasa memerlukan antara 7 hingga 9 jam tidur setiap malam.

6. Cek Gula Darah

Tentunya untuk mengontrol kadar gula darah, Anda perlu melakukan pengecekan kadar gula darah secara rutin. Anda dapat menggunakan alat pengukur gula darah di rumah atau mendatangi fasilitas kesehatan terdekat.

Dengan pemantauan rutin ini, Anda dapat mengetahui secara tepat bagaimana dinamika kadar gula darah dan memahami metabolisme tubuh Anda.

7. Bantu dengan Suplemen

Jika diperlukan, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen yang disarankan dokter, mulai dari suplemen vitamin D, vitamin C, vitamin E, dan magnesium. Ingat, pastikan konsumsi suplemen in sesuai dengan rekomendasi dokter.

Itulah beberapa cara mengendalikan kadar gula darah. Semoga bermanfaat!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Share:

Related Post

Leave a Comment