Jangan Ekstrem! Ini 5 Olahraga yang Aman untuk Bayi Usia di Bawah 6 Bulan

webadmin

0 Comment

Link

Kabarindong.com – Ria Ricis kembali menjadi perbincangan warganet baru-baru ini. Hal tersebut akibat keputusannya untuk membawa anaknya yang masih bayi, Cut Raifa Aramoana alias Moana, ikut olahraga jetski di lepas pantai.

Hal itu membuat banyak warganet merasa geram. Sebab, Moana yang masih berusia 5 bulan belum seharusnya mencoba olahraga ekstrem.

Lantas, olahraga seperti apa yang sebaiknya diberikan pada bayi yang masih di bawah umur 6 bulan?

Ilustrasi bayi bersama orang tuanya. (Pexels/Lisa Fotios)
Ilustrasi bayi bersama orang tuanya. (Pexels/Lisa Fotios)

Olahraga yang Aman untuk Bayi di Bawah 6 bulan

Baca Juga:
Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Pengaruhi Kesehatanmu, Salah Satunya Berjalan Kaki

DIlansir dari laman Flo Health, berikut adalah olahraga yang aman untuk Anda praktekkan bersama bayi dengan usia di bawah 6 bulan.

1. Menendang

Seiring bertambahnya usia anak, akan semakin banyak pula aktivitas fisik yang bisa mereka lakukan. Namun tentu saja sebagai orang tua Anda harus tahu batasan. Salah satu aktivitas fisik yang bisa Anda lakukan dengan bayi yang mulai menginjak 6 bulan adalah belajar menendang.

Anda bisa menempatkan beberapa potongan kain warna-warni di depan kaki mereka dengan posisi kain yang sedikit diangkat. Setelah itu, biarkan bayi Anda telentang dan mereka akan berusaha menjangkau kain tersebut dengan menendangnya.

2. Tummy time

Baca Juga:
Baju Olahraga Olla Ramlan Ramai Dikomentari Netizen: Dari Apem, Selangkangan hingga Area Sensitif

Memasuki usia 6 bulan, sudah saatnya mengajak bayi Anda olahraga yang aman, salah satunya tummy time. Ini merupakan latihan tengkurap untuk bayi dengan tujuan mengembangkan kemampuan otot-otot di tubuh, khususnya otot leher, dada, bahu, dan lengan.

Satu hal yang perlu Anda ingat adalah jangan melakukan tummy time saat bayi baru saja selesai minum susu karena dikhawatirkan dapat menyebabkan muntah.

3. Tepuk tangan

Bagi orang dewasa tepuk tangan mungkin merupakan hal yang sangat mudah dilakukan. Namun, tidak dengan bayi yang baru berusia enam bulan.

Dengan melatihnya tepuk tangan, secara tidak langsung Anda sudah membantunya mengasah kontrol pada tubuh. Saat bayi Anda mampu tepuk tangan, ini juga berarti bahwa koordinasi antara mata dan tangannya cukup seimbang.

Ilustrasi bayi. (Pexels)
Ilustrasi bayi. (Pexels)

4. Sit up

Olahraga yang aman untuk bayi di bawah 6 bulan berikutnya adalah sit-up. Hanya saja, sit-up di sini bukan berarti mengajari mereka untuk duduk dari posisi berbaring.

Caranya, letakkan tangan Anda di bawah kepala bayi sampai di sisi punggung. Setelah itu, pegang lengannya dengan satu tangan lalu tarik tubuh si kecil secara perlahan ke arah dada Anda. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan kontrol kepala dan motorik bayi yang baru berusia 6 bulan.

5. Peek a boo

Sebagai orang tua, Anda tentu sudah tidak asing dengan permainan satu ini. Namun, rupanya cilukba atau peek a boo tidak hanya membuat bayi Anda tertawa. Sebab, permainan tersebut juga bisa melatih kemampuan motorik halusnya.

Selain itu, mengajak anak cilukba bisa mengajarkan konsep objek permanen di mana mereka akan memahami bahwa objek akan terus ada, bahkan meski tidak bisa dirasakan.

Itulah beberapa olahraga yang aman untuk bayi berusia di bawah 6 bulan. Tak perlu melakukan yang terlalu ekstrem, ya!

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Share:

Related Post

Leave a Comment