Meski Berisik, KPAI Usul Sekolah Manfaatkan Permainan Lato Lato Jadi Ajang Adu Kreativitas

webadmin

0 Comment

Link

Kabarindong.com – Lato Lato tengah jadi permainan yang populer bagi anak-anak. Seutas tali dengan dua bandul plastik disetiap ujungnya akan menimbulkan bunyi ‘teketek’ saat bola kecil tersebut diadu. Tak heran bila sebagian orang merasa kalau permainan tradisional itu cukup berisik.

Meski begitu, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyarankan orang dewasa jangan langsung melarang anak-anak bermain Lato Lato.

Daripada melarang, komisioner KPAI Dian Sasmita menyarankan kepada sekolah maupun instansi pendidikan lain untuk memanfaatkan tren Lato Lato jadi ajang adu kreativitas pada anak.

Game Latto Latto. (screenshot/Google Play Store)
Game Lato Lato. (screenshot/Google Play Store)

“Pemerintah, seperti sekolah atau dinas kebudayaan atau pariwisata, dapat mewadahi kreatifitas anak terhadap Lato Lato. Misalnya lomba menggambar di Lato Lato atau bikin instalasi dari Lato Lato atau mural tema Lato Lato,” saran Dian.

Baca Juga:
Fakta Unik Lato-Lato: Berasal dari Barat, Dikaitkan dengan Kelamin Presiden Mesir

Ia menegaskan bahwa setiap anak membutuhkan dan punya hak untuk bermain, termasuk saat menggunakan Lato Lato. Semua permainan yang membuat anak senang, pasti akan dimainkan dengan serius, seperti halnya game online.

“Jadi, jangan terburu-buru melarang anak bermain. Temani anak bermain. Karena fase tumbuh kembang anak akan optimal jika mereka dapat bermain dengan gembira dan aman,” imbuhnya.

Selain itu, orang tua maupun pengasuh juga wajib tahu dan mendampingi anak untuk menjelaskan bahaya dan resiko dari bermain Lato Lato.

Dian meminta agar orang tua atau pengasuh mengenalkan kepada anak tentang adab atau etika saat bermain Lato Lato juga diberitahu kalau tidak semua tempat dapat dijadikan ruang bermain.

Orang tua juga sesekali ada baiknya ikut bermain Lato Lato bersama anak saat di rumah.

Baca Juga:
Deretan Manfaat dan Dampak Buruk Lato Lato Bagi Anak, Orangtua Wajib Tahu Loh!

“Bermain Lato Lato dengan anak dapat membangun kelekatan antara anak dan orang tua. 15 menit bermain dengan anak akan membuat mereka menjadi anak lebih gembira. Karena anak merasakan kehadiran orangtuanya secara utuh,” jelas Dian.

Share:

Related Post

Leave a Comment