Aksi Ria Ricis Bawa Moana Naik Jet Ski Jadi Sorotan Media Internasional, Langgar Aturan Keamanan?

webadmin

0 Comment

Link

Kabarindong.com – Nama Youtuber Ria Ricis belum lama ini menjadi perbincangan warganet karena mengajak sang anak, Moana untuk naik jet ski. Hal tersebut menuai banyak komentar negatif warganet yang menyebutkan Ria Ricis mementingkan konten dibandingkan keselamatan anaknya.

Sementara itu, baru-baru ini media Amerika juga menyoroti aksi Ria Ricis. Berita Ria Ricis ini dimuat di situs Insider dengan narasi berjudul ‘A YouTube mom with 30 million subscribers filmed her baby on a jet ski with no life jacket, sparking concern among viewers’.

Berita Ria Ricis di media asing (Tangkapan layar Insider)
Berita Ria Ricis di media asing (Tangkapan layar Insider)

Artikel media Amerika itu lantas menjadi sorotan kembali warganet. Beberapa mengatakan, prestasi Indonesia justru dilihat karena hal yang viral tersebut.

Di samping itu, isi artikel dalam berita tersebut menjelaskan viralnya aksi Ria Ricis yang mengajak putrinya naik jet ski di usianya yang belum mencapai satu tahun.

Baca Juga:
Ria Ricis Ajak Anak Olahraga Ekstrem, Netizen: Malu-Maluin, Itu Suami Istri Tumbalkan Anak demi Konten

Tidak hanya itu, terdapat juga beberapa komentar warganet yang dikutip kembali mengenai kritik terhadap Youtuber dengan 30 juta subscriber tersebut.

Pada bagian akhir artikel, dijelaskan kalau penggunaan jet ski pada anak-anak sebenarnya tidak memiliki hukum yang melarang. Namun, berdasarkan aturan keamanan penggunaan jet ski disebutkan kalau pengguna jet ski setidaknya harus bisa menyentuh bagian bawah kendaraan itu.

Lantas sebenarnya bagaimana aturan keamanan penggunaan jet ski yang baik? Melansir laman action sport, anak-anak yang bermain jet ski pada umumnya diizinkan ketika sudah berusia 12 tahun ke atas.

Sementara itu, jika umur anak di bawah 12 tahun dilarang karena dapat membahayakannya. Untuk anak usia 12-15 tahun juga harus didampingi dengan orang dewasa. Anak tersebut juga harus berada di antara dua orang dewasa yang mendampinginya.

Penggunaan pelampung

Baca Juga:
‘Anti Kritik’ Begini Tanggapan Ria Ricis dan Teuku Ryan yang Dihujat Lantaran Ajak Moana Naik Jetski

Anak-anak yang naik jet ski juga diwajibkan untuk mengenakan pelampung. Biasanya, penyedia jasa sewa jet ski menyediakan pelampung berukuran kecil untuk anak-anak. Penggunaan pelampung ini dimaksudkan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan ketika mereka jatuh ke air.

Jet ski untuk bayi

Penggunaan jet ski sangat tidak disarankan untuk bayi di bawah 2 tahun. Hal ini karena itu sangat berisiko pada keselamatannya. Untuk itu, orang tua harus benar-benar mempertimbangkannya dengan matang. Apalagi jika harus membawa bayi, ini akan membuat orang tua menggendong dan memeganginya.

Hal tersebut bukanlah mudah dilakukan karena berisiko melakukan kesalahan. Oleh karena itu, orang tua disarankan untuk meninggalkan bayi kepada pengasuh jika ingin menggunakan jet ski.

Pengawasan jika anak naik jet ski

Jika anak main jet ski, sangat diperhatikan agar ia tidak jatuh. Ketika anak terjatuh, pengemudi harus secepat mungkin mematikan mesin. Sementara, orang yang bertindak sebagai penumpang harus dengan sigap menolong anak.ย 

Share:

Related Post

Leave a Comment