OpenAI Batal Luncurkan GPT Store Akhir Tahun, Imbas Insiden Pemecatan Sam Altman?

loading…

CEO OpenAI Sam Altman sempat dipecat dari jabatannya. (Foto: Gizmodo)

JAKARTA – Rencana OpenAI mengenalkan GPT Store sebagai kejutan akhir tahun pada 2023, tertunda. Pesaing Google Play Store dan Apple App Store itu hampir dipastikan tidak jadi diluncurkan tahun ini.

“Kita berharap aplikasi ini akan diluncurkan pada November 2023, hanya saja banyak peristiwa yang tidak diharapkan terjadi sehingga membuat kita sibuk,” tulis CEO OpenAI Sam Altman, dikutip Gizmodo, Senin (4/12/2023).

Peristiwa tidak diharapkan yang dimaksud oleh Sam Altman adalah pemecatan dirinya dari jabatan CEO OpeanAI. Pemecatan tersebut menimbulkan gonjang-ganjing meski pada akhirnya Microsoft, selaku pemegang saham mayoritas OpenAi, menaruh kembali Sam Altman ke posisi CEO OpenAI.

Mundurnya waktu peluncuran GPT Store sedikit banyak berpengaruh pada kepercayaan masyarakat. Pasalnya sejak gonjang-ganjing pemecatan muncul banyak orang khawatir program-program OpenAI akan terganggu.

“Penundaan ini justru bertolak belakang dengan narasi mereka bahwa perombakan kepemimpinan tidak akan berdampak pada inovasi yang mereka buat,” sebut Gizmodo.

Sebelumnya diberitakan Washington Post, GPT Store nantinya akan jadi pasar digital di mana masyarakat bisa memilih kecerdasan buatan atau robot percakapan atau chatbot yang dibutuhkan. “Upaya ini merupakan salah satu cara agar AI bisa lebih masuk ke kehidupan masyarakat,” ujar Sam Altman dikutip Washington Post, Rabu (8/11/2023).

Pria yang membuat chatbot ChatGPT itu mengatakan saat ini produk kecerdasan buatan telah digunakan oleh 92 persen perusahaan-perusahaan yang masuk dalam daftar Fortune 500. Selain itu, menurut dia sudah ada 100 juta orang yang aktif menggunakan ChatGPT.

Hanya saja hal itu dianggap kurang karena saat ini ChatGPT masih belum begitu luas digunakan oleh masyarakat umum. Dari situ dia terpikir untuk membuat GPT Store di mana berbagai aplikasi kecerdasan buatan bisa diakses oleh masyarakat. “Kami yakin kami akan memberikan alat yang tepat untuk melakukan hal-hal yang luar biasa,” kata Sam Altman.

(msf)


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *