Di Belgia, ada makanan rumah sakit seenak restoran

JAKARTA (KABARINDONG) – Menu makanan rumah sakit yang diperuntukkan bagi pasien, biasanya miskin rasa, cenderung hambar dan tawar.

Tetapi sebuah rumah sakit di Belgia barat telah mematahkan stereotip itu setelah mendapat persetujuan dari pemandu restoran Prancis yang bergengsi, Gault & Millau.

AZ Groeninge di kota Kortrijk menjadi rumah sakit pertama di Benelux yang diakui secara resmi oleh Gault & Millau atas kualitas makanan yang disajikan kepada pasiennya.

Kepala eksekutif Gault & Millau Benelux, Marc Declerck, mengatakan produser panduan telah bekerja sama selama lebih dari 10 tahun dengan sejumlah rumah sakit dan panti jompo terkait menu makanan yang disajikan kepada karyawan dan pasien atau penghuni.

Seorang karyawan menyiapkan makanan di RS AZ Groeninge di Kortrijk, Belgia 13 Maret 2023. REUTERS/Clement Rossignol



Rumah sakit membawa ahli Gault & Millau untuk memeriksa makanan mereka dan memberikan saran untuk perbaikan, terutama pada hidangan ikan, saus, dan porsi kentang.

Pemandu kemudian menentukan bahwa makanan rumah sakit memiliki standar yang tinggi, dan Declerck mengatakan dia akan dengan senang hati menyajikan beberapa hidangan itu di rumahnya sendiri.

Saran umum yang diperoleh, bekerja dengan bahan-bahan yang bagus dan tetap berpegang pada resep sederhana.

“Orang-orang tidak menginginkan hal-hal yang terlalu rumit. Buat sehat, buat enak… Cobalah memasak untuk mereka seperti Anda memasak untuk diri sendiri,” katanya kepada Reuters.

Makanan yang disiapkan untuk pasien sebenarnya tidak ditampilkan dalam panduan restoran tahunan tetapi telah disertifikasi secara resmi oleh Gault & Millau untuk tahun 2023, demikian Reuters dikutip Rabu.

Baca juga: Rumah sakit utama Tigray di Ethiopia kehabisan makanan

Baca juga: Enam orang mati keracunan makanan rumah sakit di Inggris

Baca juga: Rumah Sakit USU terima bantuan makanan siap saji

 

Penerjemah: Siti Zulaikha
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © KABARINDONG 2023


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *