Ultimate magazine theme for WordPress.

Deretan Pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2021

0

- Advertisement -

Jakarta (KABARINDONG) – Setelah melalui proses penjurian yang seksama, para pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2021 akhirnya resmi diumumkan.

Dikutip dari pernyataannya, Senin, pengumuman pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2021 dikemas dalam Launching Hari Pers Nasional (HPN) 2022 Anugerah Adinegoro yang disiarkan secara langsung di TVRI Nasional pada Minggu (30/1) malam.

“Lengkapnya Anugerah Jurnalistik Adinegoro bukan hanya sekadar Anugerah Adinegoro. Jadi ini adalah kebanggaan kalangan pers di Indonesia,” ulas Ketua Panitia Tetap Anugerah Jurnalistik Adinegoro PWI Pusat Rita Sri Hastuti.

“Semula ini dimulai pada tahun 1974, diawali oleh PWI Jaya. Kemudian pada tahun 2009 diangkat oleh PWI Pusat, dan menjadi lebih luas kategorinya. Sekarang ada enam, yang semula satu kategori,” lanjutnya.

Proses penjurian dikabarkan berlangsung selama bulan Desember tahun 2021 lalu secara virtual dikarenakan situasi pandemi COVID-19.

Total dari enam kategori yang dilombakan meliputi liputan berkedalaman untuk media cetak, liputan berkedalaman untuk media siber, liputan berkedalaman untuk media televisi, liputan berkedalaman untuk media radio, foto berita untuk media cetak dan media siber, serta karikatur opini untuk media cetak dan media siber.

Untuk kategori in-depth reporting Media Cetak dan Siber dimenangkan oleh Andy Riza Hidayat, Dhanang David Aritonang, Insan Alfajri, Irene Sarwindaningrum, dan Harian Kompas berjudul “Berbahaya, Masker Medis Palsu Beredar di Masyarakat” yang diterbitkan pada 3 April 2021.

Untuk kategori Media Siber dimenangkan oleh Sunariyah dan M. Ilman Nafi’an dari IDN Times dengan judul “Bertaruh Nyawa, Berjuang Melawan Ganasnya COVID-19” yang diterbitkan pada 29 November 2021 lalu.

Kategori in-depth reporting Televisi dan Radio dimenangkan oleh Miftah Faridl, Aga Dipa, Agoes Soekarno dari CNN Indonesia TV bertajuk “Menghapus Mereka yang Mati” yang ditayangkan pada 22 Oktober 2021.

Kemudian untuk kategori Foto Berita dan Karikatur dimenangkan oleh Sigid Kurniawan dari LKBN Antara dengan judul “Ganda Putri Indonesia Raih Emas Olimpiade” yang terbit pada 2 Agustus 2021 lalu. Dan untuk kategori Karikatur diraih oleh Ashady dari JPNN.com dengan judul “Kritiklah Daku” yang terbit pada 16 Februari 2021.

Panitia dikabarkan menyediakan hadiah sebesar Rp25 juta untuk pemenang tiap kategori, trovi, serta piagam penghargaan dari PWI atau Panitia HPN 2021. Hadiah akan diserahkan di hadapan Presiden RI Joko Widodo pada acara puncak HPN 2022 di kota Kendari, Sulawesi Tenggara pada 9 Februari mendatang.

Baca juga: Pewarta Foto KABARINDONG raih Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2021

Baca juga: Pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2021diwarnai tema pandemi

Baca juga: PWI gelar Anugerah Jurnalistik Adinegoro jelang Hari Pers Nasional

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © KABARINDONG 2022

- Advertisement -

Leave A Reply

Your email address will not be published.