Mendag: Indonesia siap bantu pemerintah Turki dalam penanganan gempa

Indonesia siap untuk membantu Pemerintah Turki dalam penanganan gempa

Jakarta (KABARINDONG) – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyampaikan, Indonesia siap membantu pemerintah Turki dalam penanganan gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,8 yang terjadi pada Senin, (6/2).

Hal ini disampaikan Zulkifli saat menyambangi kantor Kedutaan Besar Turki di Jakarta, Rabu,(8/2). Dalam kunjungannya, Zulkifli didampingi Bara Krishna Hasibuan untuk menemui Duta Besar Republik Turki untuk Indonesia Ahmet Cemil Miroglu.

“Indonesia siap untuk membantu Pemerintah Turki dalam penanganan gempa,” ujar Zulkifli dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Zulkifli menyampaikan belasungkawa dan rasa simpati yang mendalam atas tragedi gempa bumi yang menimpa wilayah Turki tersebut.

“Menyampaikan belasungkawa dan rasa simpati yang mendalam atas tragedi gempa bumi beberapa hari lalu yang menewaskan ribuan orang. Saya mendoakan yang terbaik untuk Turki, semoga rakyat dan negara tersebut kembali pulih dan membaik,” katanya.

Gempa dengan kekuatan magnitudo 7,8 terjadi di wilayah Turki pada Senin (6/2), yang mengakibatkan 500 korban jiwa dan 3000 orang luka-luka. Selain Turki, beberapa negara seperti Suriah, Lebanon, dan Israel juga terdampak akibat peristiwa gempa yang terjadi di Turki.

Kedalaman gempa yang terjadi pada pukul 01:17:36 GMT(pukul 08:17:36 WIB) ini mencapai 24,1 kilometer. Lembaga pemantau geologi AS (USGS) mencatat terdapat 24 gempa susulan setelah gempa utama di Turki. Pusat gempa terjadi kira-kira di sepanjang Patahan Anatolia Timur (East Anatolian Fault).

Baca juga: Korban jiwa akibat gempa dahsyat Turki dan Suriah tembus angka 8.000

Baca juga: Presiden perintah Menko PMK siapkan bantuan kemanusiaan Turki-Suriah

Baca juga: Indonesia salurkan bantuan kemanusiaan ke Turki


 

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © KABARINDONG 2023


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *