Menhub sebut arus milir 2023 berjalan lancar

Jakarta (KABARINDONG) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan arus milir 2023 yang berlangsung pada 24-30 April di Indonesia berjalan dengan lancar.

“Secara keseluruhan dapat dikatakan (arus balik) ini berjalan dengan baik ya. Karena di lapangan tidak ada satu masalah yang berarti,” ujar Budi usai memantau pemilir di Stasiun Pasar Senen, Minggu.

Lebih lanjut, Budi mengatakan arus milir diperkirakan akan mencapai puncaknya dan masih berlangsung hingga besok yaitu 1 Mei 2023 terutama untuk angkutan lebaran jalur darat.

Ia mengatakan telah berkoordinasi dengan Jasa Marga dan memastikan kapasitas layanan tetap bisa menampung volume kendaraan yang akan melakukan milir.

Baca juga: 535.260 kendaraan menuju Jakarta pada arus balik Lebaran 2023

Koordinasi juga terus dilakukan Kementerian Perhubungan dengan berbagai pihak terkait lainnya seperti para penyedia layanan transportasi udara, hingga ASDP Indonesia untuk bisa mengantisipasi puncak arus milir tersebut.

“Saya juga sudah berpesan kepada teman-teman di darat, ASDP, layanan udara, dan KAI. Kita harus menjaga dua hari ini jangan sampai kita tidak bisa melayani dengan baik,” ujar Budi.

Di samping itu, Kementerian Perhubungan secara khusus mengapresiasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang dinilai telah membantu kelancaran proses mudik maupun milir di momen Ramadhan dan Idul Fitri 1444H.

Hal itu mengingat pemudik dan pemilir paling banyak berasal dari Ibu Kota Jakarta.

Baca juga: 1.177 penumpang berangkat dari Tanjung Priok pada H+7 Lebaran 2023

Adapun untuk jalur darat di arus milir dilaporkan oleh PT.Jasa Marga hingga H+6 terdapat 535.260 kendaraan telah menuju ke Jakarta.

Lalu untuk arus milir menggunakan kereta api, KAI Daop 1 mencatat mulai 24 April-30 April 2023 secara stabil setiap harinya ada sekitar 40-43 ribu penumpang yang tiba di Jakarta.



Selanjutnya, untuk pemilir yang tiba menggunakan transportasi udara menuju Jakarta di Bandara Soekarno-Hatta terpantau sudah mencapai puncaknya pada hari ini, Minggu (30/4), dengan jumlah pemilir 94.852 yang dilayani dengan 547 penerbangan.

Sementara untuk pemilir yang tiba di Bandaran Halim Perdana Kusuma diperkirakan akan mencapai 10.000 – 12.000 pemilir di puncak arus milir yang diprediksi berlangsung hari ini.

Baca juga: Sekitar 5.600 pemilir diperkirakan tiba di Terminal Kalideres hari ini

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
COPYRIGHT © KABARINDONG 2023


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *