Kemenparekraf dengan Emirates perkuat kolaborasi di sektor pariwisata

Jakarta (KABARINDONG) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memperkuat kolaborasi dengan maskapai penerbangan internasional Emirates untuk meningkatkan potensi sektor pariwisata dalam negeri.

Melalui kerja sama ini, Kemenparekraf dan Emirates memantapkan komitmen untuk menguatkan promosi Indonesia sebagai destinasi wisata pilihan dengan meluncurkan kampanye dan inisiatif pemasaran bersama.

“Kami berharap kerja sama antara Kemenparekraf dengan Emirates akan bisa terus berkelanjutan, serta membuka peluang bagi kerja sama strategis dengan stakeholders terkait, sehingga dapat bersama-sama memajukan pariwisata dan juga ekonomi kreatif di Indonesia,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam pernyataan di Jakarta, Selasa.

Ia memastikan penandatanganan kerja sama yang dilakukan dengan Emirates di Arabian Travel Market, Dubai, UAE, merupakan perpanjangan dari komitmen sebelumnya untuk mendukung sektor perjalanan dan pariwisata Indonesia.

Baca juga: Emirates daur ulang 500.000 kg plastik dan kaca dalam setahun

“Tentu tujuan utama kami adalah kerja sama ini dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia yang pada akhirnya dapat berkontribusi pada peningkatan pendapatan devisa negara dari sektor pariwisata serta penambahan lapangan pekerjaan,” ujarnya.

Kerja sama ini juga akan mengukuhkan tujuan komersial dan operasi bisnis Emirates di Indonesia, memungkinkan Emirates untuk memperluas jangkauan di kalangan wisatawan Indonesia, dan meningkatkan kesadaran pelanggan melalui aktivitas kolaboratif.

Senior Vice President Commercial Operations Far East Emirates Orhan Abbas mengatakan kolaborasi ini akan membuka peluang untuk menjawab potensi peningkatan permintaan pelanggan untuk terbang ke Indonesia melalui penerbangan terjadwal ke Jakarta dan Denpasar.

“Kami senang dapat melanjutkan kerja sama strategis antara Emirates dan Kemenparekraf dengan fasilitas dan konektivitas kelas dunia melalui jaringan global kami ke berbagai destinasi wisata indah di Indonesia, serta meningkatkan traffic dari pasar utama kami, antara lain Inggris, AS, Jerman, Prancis, Italia, dan Spanyol,” ujarnya.

Selain itu, kerja sama ini dapat memperkuat hubungan antara UAE dengan Indonesia yang selama ini sudah terjalin melalui ikatan ekonomi yang kuat dan persamaan nilai mengingat kedua negara mempunyai tujuan bersama dalam memajukan pembangunan berkelanjutan.

Sebelumnya, Kemenparekraf dan Emirates telah melakukan kemitraan pada 2021 yang memungkinkan Emirates untuk membantu pemulihan pariwisata Indonesia dan mempromosikan banyak destinasi wisata unik dan populer di seluruh Indonesia.

Selain itu, Emirates mendukung pariwisata Indonesia melalui kemitraan dengan Garuda Indonesia dan Batik Air pada 2022 yang menawarkan konektivitas ke 29 kota di Indonesia, selain Jakarta dan Denpasar bagi para pelanggan setia.

Sebagai bagian dari rencana pengembangan di Indonesia, Emirates juga siap melayani penerbangan tujuan Denpasar, Bali dengan pesawat A380 mulai 1 Juni 2023. Layanan ini menandai tonggak sejarah penerbangan Indonesia dengan layanan A380 berjadwal pertama di Indonesia.

Selama ini, Emirates yang telah melayani pasar Indonesia sejak 1992 juga telah berkontribusi secara signifikan dalam sektor perdagangan nasional melalui penerbangan ekspor-impor selama tiga dekade masa beroperasinya, dan terus mendukung komunitas lokal lewat portofolio sebagai sponsor olahraga yang mendunia.

Baca juga: “Indonesia Partner Country Hannover Messe” 2023 promosi di Emirates

Baca juga: Jadi partner country HM 2023, RI promosi di pesawat hingga stasiun

Baca juga: Emirates luncurkan layanan A380 pertama ke Bali mulai Juni

Pewarta: Satyagraha
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © KABARINDONG 2023


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *